Audit

Audit merupakan salah satu bagian dari HSE management System. Langkah Management system secara umum dapat dilihat dengan PDCA yatu Plan – Do – Check – Action. Disini, Audit berperan sebagai fungsi Check atau pemeriksaan, apakah sistem yang sudah direncanakan sudah sesuai dengan yang dilakukan. Sistem Audit sendiri harus terstruktur, mulai dari langlah perencanaan, pelaksanaan dari rencana secara riil. Audit memeriksa sejauh mana kesesuaian pelaksanaan dilapangan dengan perencanaan. Dari tindakan pemeriksaan ini, kita dapat menemukan bagian mana saja yang belum terpenuhi atau belum sesuai dengan rencana. Oleh sebab itu harus ada tindakan perbaikan berupa “Action”.

Dalam melakukan aktivitas audit,Auditor sendiri diharapkan telah memiliki pengalaman dan juga sertifikasi, sehingga hasil pengamatan dan pemeriksaan dapat dipertanggungjawabkan, secara profesional dan obyektif, bukan secara subyektif yang berusaha untuk menjatuhkan, namun untuk dapat melihat dan berkaca bagian mana saja yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan.

Proses audit sendiri dimulai dengan memberikan pemberitahuan terhadap departemen terkait yang akan dilakukan audit. waktu dan tempat pelaksanaan perlu dijelaskan, metode audit juga harus diinformasikan, apakah dengan penelitian dokumen, walk through – survey lintas, observasia atau wawancara dengan karyawan. Ketika dilaksanakan audit, bukti bukti tertulis atau dokumen merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Setelah audit dilaksanakan, auditor memberikan hasil temuan dan saran perbaikan kepada departemen terkait pada pertemuan penutup Departemen terkait diharapakan untuk dapat menindaklanjuti saran perbaikan dan menyelesaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Salah satu buku yang menarik adalah buku Environmental Health and Safety Audits oleh Lawrence B. Cahill memberikan informasi terbaru dalam kebijakan Audit EPA dan OSHA, hal hal yang mengkonfrontasi program audit, strategi dan seni bertanya dalam manajemen dan pelaksanaan audit. Penilis mendiskusikan perbaikan terbaru dalam generalisasi dan ketersediaan data, termasuk bab baru yang mencakup petunjuk audit ISO 14000, dilemma yang dihadapi dalam melaksanakan audit, tips audit dan alat baru untuk menciptakan suatu program audit yang sukses termasuk 7 model tahapan program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *